Minggu, 03 Februari 2013

LANGKAH-LANGKAH PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH


  • 1.     Pemilihan Topik/Masalah untuk Karya Ilmiah
Dalam penulisan karya ilmiah harus mengikuti kaidah kebenaran dalam isi, metode kajian, serta tata cara penulisannya yang bersifat keilmuan. Salah satu cara untuk memenuhi kaidah tersebut adalah dengan melakukan pemilihan topik yang jelas dan spesifik. Pemilihan topik karya tuliss ilmiah dapat dilakukakan dengan cara :
a.      Merumuskan tujuan
b.      Menentukan topik
c.       Menelusuri topik
  • 2.      Mengidentifikasi Pembaca Karya Ilmiah
Kewajiban seorang penulis karya ilmiah di sini adalah memuaskan kebutuhan pembacanya akan informasi, yaitu dengan cara menyampaikan pesan yang ditulisnya agar mudah dipahami pembacanya. Dengan kata lain, sebelum Anda menulis, ada baiknya Anda sudah harus mengidentifikaasi siapa kira-kira yang akan membaca tulisan Anda tersebut. Hal ini penting karena dengan mengetahui latar belakang pengetahuan dan minat pembaca, akan mempermudah anda dalam mengorganisasikan materi sajian dan cara penyampaiannya. Selain itu, fokus pembicaraan pun menjadi semakin jelas dan spesifik.
  • 3.      Menentukan Cakupan Materi Tulisan
Cakupan materi adalah jenis dan jumlah informasi yang disajikan dalam tulisan. Misal, Anda berminat menulis tentang otomatisasi perkantoran bagi staf administrasi di tempat anda bekerja. Sajian apakah yang akan anda sampaikan kepada mererka? Untuk menjawab pertanyaan terssebut, pertama-tama Anda harus merumuskan terlebih dahulu  tujuan Anda menulis. Apakah sekedar memberi informasi tentang pengertian otomatis perkantoran ataukah menguraikan tentang tata cara pengelolaan arsip perkantoran dengan menggunakan komputer, sebagai salah satu bagian dari otomatisasi perkantoran? Jika tujuan kedua yang dipilih maka jenis dan jumlah informasi yang disajikan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pemanfaatan komputer untuk mengelola arsip-arsip perkantoran. Di samping itu, apabila sebagian besar staf administrasi adalah lulusan SMA dan sudah melek komputer maka materi yang semestinya Anda kemukakan dalam tulisan adalah hal-hal baru tentang fungsi komputer  yang belum mereka ketahui, khususnya fungsi komputer yang berkaitan dengan pengelolaan arsip perkantoran. Dengan demikian, jelas bahwa cakupan materi itu sangat ditentukan oleh rumusan tujuanyang jelas dan pengidentifikasian calon pembaca tepat.

1 komentar:

  1. MEGA DRIVE - iTaniumarts
    MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. titanium septum jewelry MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. titanium nose jewelry MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA toaks titanium DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA titanium mens wedding band DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA DRIVE. MEGA titanium exhaust wrap DRIVE.

    BalasHapus