Senin, 21 Januari 2013

ORGANISASI

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orag lain. artinya, manusia harus bekerja sama dengan orang lain agar tujuannya mudah tercapai. Hal inilah yang memutuskan manusia memutuskan berorganisasi. 
Organisasi mempunyai banyak pengertian. Hampir setiao disiplin ilmu pengetahuan mencoba untuk mengartikan organisasi itu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, organisasi adalah kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian atau orang-orang dalam kumpulan untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun arti organisasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.
  1. James D. Money mengartikan organisasi sebagai sebagai bentuk dari setiap kerjasama manusia dalam mencapai tujuan bersama.
  2. Gibson Ivancevich dan Donelly  dalam bukunya Organization mengartikan organisasi sebagai kesatuan yang memungkinkan masyarakat untuk berserikat dalam mencapai suatu tujuan yang tidak dapat dicapai secara individu.
  3. Ernest Dale mengartikan prganisasi sebagai suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dan orang-orang dalam suatu kelompok kerja.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian organisasi adalah kumpulan orang-orang atau sekelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar