Rabu, 03 Oktober 2012

SIFAT WANITA SHALIHAH



Allah SWT berfirman di dalam Al Qur'an,

" Pada sisi mereka telah disediakan bidadari-bidadari yang pandangan matanya tidak liar dan memiliki bola mata yang sangat jelita." (Qs. Ash-Shaffaat(37): 48)

Ayat ini serta dua ayat sesudahnya menggambarkan kepada kita tentang keadaan bidadari-bidadari surga. Di sini bisa kita ambil satu pelajaran dan manfaat untuk mengetahui bagaimana sifat wanita yang shalihah, yaitu antara lain :
  1. Wanita yang menundukkan pandangan terhadap suami karena rasa cinta dan rasa ridha kepadanya. Ia tidak akan mengalihkan pandangannya kepada laki-laki lain. Seperti dikatakan di dalam syair, Menolak tajamnya pandangan mata dan condong kepada orang lain
  2. Tidak  mempertontonkan kecantikan kepada selain para suami mereka, dengan tetap menundukkan pandangan terhadap suami mereka-menjunjung tinggi rasa hormat - dan tidak keluar rumah sert tidak menginginkan laki-laki lain selain suami mereka.
  3. Sifat istri yang terbebas dari kejelekan dan gangguan syetan serta memiliki jiwa yang bersih dari rasa cemburu dan kehendak untuk menyakiti hati suami. Mereka senantiasa mencegah diri dari menginginkan suatu selain yang terlah diberikan oleh suami mereka.
Allah SWT juga berfirman,
"Oleh sebab itu wanita yang shalihah ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak berada di rumah. Karenanya, Allah memelihara mereka." (Qs. An-Nisaa'(4): 34)

Sebagaimana disinyalir di dalam sabda Rasulullah SAW yang  artinya, "Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian telah mampu-moril maupun materiil-untuk menikah, maka lakukanlah (menikah). Karena, hal itu dapat menjaga pandangan ari hal-hal tidak baik dn sekaligus untuk memelihara kehormatan diri serta agama. sedang bagi siapa yang belum mampu, maka hendaknya mengerjakan puasa. Karena, puasa itu merupakan pencegah dari perbuatan yang tidak dibenarkan oleh syariat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar