Jumat, 13 Januari 2012

Anak Luar Biasa


DEFINISI KELUARBIASAAN

Keluarbiasaan merupakan satu istilah yang mungkin sudah sering kita dengar, terutama dalam kaitannya dengan pendidikan anak luar biasa. Keluarbiasaan merupakan kata benda yang berasal dari kata sifat luar biasa, yang dapat disejajarkan dengan kata exceptional dalam bahasa inggris. Dengan demikian, secara harfiah keluarbiasaan berarti menggambarkan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang luar biasa dapat berupa sesuatu yang positif atau sebaliknya sesuatu yang negatif. Sejalan dengan pemikiran inilah keluarbiasaan digunakan dalam Pendidikan Luar Biasa (PLB).
Dengan demikian, anak luar biasa (ALB) adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa yang signifikan membedakan dengan anak – anak seusia pada umumnya. Keluarbiasaan yang dimiliki bisa sesuatu yang positif ataupun sebaliknya sesuatu yang negatif. Selanjutnya, keluarbiasaan atau penyimpanagan tersebut berpengaruh terhadap layanan pendidikan agar anak tetap dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
Istilah Anak Luar Biasa (ALB) digunakan sebagai istilah umum untuk semua anak yang memiliki keluarbiasaan, dan untuk menggantikan berbagai istilah yang selama ini digunakan, seperti anak cacat, anak berkelainan atau anak lemah mental. Dalam bahasa inggris, istilah ini bahkan sangat banyak, seperti handcapped children, impaired children, disabled children, dan retarted children. Penggunaa istilah ini masih silang pendapat bahkan di indonesia sendiri belum ada kesepakatan yang baku untuk istilah ini. Namun dari nama sekolah yang dikhususkan untuk anak-anak ini, yaitu Sekolah Luar Biasa (SLB) dapat disimak bahwa istilah luar biasa dapat mewakili semua anak yang memiliki penyimpangan dari anak normal, baik penyimpangan bersifat fisik, tingkah laku maupun kemampuan. Sekarang istilah yang lebih bagus untuk menggambarkan kondisi setiap jenis penyimpangan, terutama penyimpangan di bawah normal, seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa dan tunalaras. Istilah ini meskipun menggambarkan kekurangan namun mengandung rasa bahasa yang dapat diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar