Selasa, 30 Juli 2013

FUNGSI PENDIDIKAN

Para pakar pendidikan banyak sependapat bahwa fungsi pendidikan adalah meliputi : (1) fungsu individuasi, (2) fungsi sosialisasi, (3) fungsi nasionalisasi, dan (4) fungsi humanisasi. di dalam prakteknya perwujudan satu dengan lainnya sulit dipisah-pisahkan. meskipun demikian, supaya Anda lebih dapat memahami konsep pendidikan dengan lebih baik, fungsi-fungsi pendidikan itu akan dijelaskan satu persatu, oleh karena itu coba fokuskan perhatian anda pada penjelasan berikut.
  1. Pertama adalah  fungsi individuasi. Individuasi merujuk pada proses untuk menjadi diri sendiri sebagai pribadi yang unik, berbeda dengan pribadi yang lain. Seseorang berupaya mencapai prestasi terbaik dalam hal tertentu dengan bertumpu pada pemanfaatan segenappotensi yang dimilikinya tanapa tergantung kepada usaha orang lain. Jaadi individuasi merupakan tujuan dan fungsi pendidikan yang paling hakiki. 
  2. Kedua adalah fungsi sosialisasi dan pembudayaan. Fungsi ini adalah untuk mengembangkan anak didik untuk menjadi anggota masyarakat yang baik. Fungsi ini tidak bisa dipisahkan dengan fungsi pembudayaan. Dengan fungsi ini pendidikan yang diselenggarakan harus selalu mendorong dan menkondisikan anak didik untuk melakukan apa yang disebut dengan belajar sosial (sosial learning), anak diajarkan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dengan memahami, menghayati dan melaksanakan sistem nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
  3. Ketiga adalah fungsi nasionalisasi. Fungsi ini mengandung bahwa pendidikan harus mendidik anak untuk menjadi warga negara yang baik. Dengan fungsi ini, pendidikan harus menumbuhkembangkan kesadaran, kecintaan dan kebanggaan setiap anak didik untuk menjadi warga Negara Kesatuan Replublik Indonesia.
  4. Keempat adalah fungsi humanisasi. Fungsi ini mengandung arti bahwa pendidikan berkewajiban untuk menumbuhkembangkan anak untuk menjadi bagian dari umat manusia di dunia, tanpa harus rikuh dengan perbedaan suku, ras dan agama. Dengan mengembangkan  fungsi ini, anak didik untuk mengembangkan sikap saling menghargai atau toleran perbedaan, hidup rukun dan damai dalam keragaman tanpa kehilangan idenditas aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar