RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : IPA dan PKN
Kelas/semester : IV dan V / I
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Kelas
IV : 5. Memahami hubungan sesame
makhluk hidup dan antar makhluk hidup
dengan lingkungan
Kelas V : 2. Memahami peraturan perundang-undangan Tingkat
pusat dan daerah.
B.
KOMPETENSI DASAR
Kelas
IV : 5.2Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
Kelas V : 2.2Memberikan
contoh peraturan perundang undangan tingkat pusat dan daerah seperti menjaga kelestarian
lingkungan
C.
INDIKATOR
Kelas
IV : Memprediksikan kemungkinan yang terjadi bila lingkungan
berubah misalnya pencemaran disungai dan kebakaran hutan.
Kelas V : Menyebutkan
contoh-contoh peraturan daerah
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kelas
IV : - Siswa dapat
mendeskripsikan perubahan lingkungan sesuai dengan gambar yang diamati
- Siswa dapat menjelaskan dampak yang
ditimbulkan dari perubahan lingkungan
Kelas V : - Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan
tentang contoh- contoh peraturan perundang-undangan daerah
E.
MATERI POKOK
Kelas
IV : Ketergantungan antar makhluk hidup
. Gejala alam dapat mempengaruhi perubahan
lingkungan yaitu angina,hujan,cahaya matahari dan gelombang laut. Perubahan
lingkungan antara lain erosi, abrasi, banjir dan tanah longsor.
Kelas V : - Contoh peraturan
perundang undangan tingkat daerah
- Contoh peraturan perundang-undangan Tingkat
Daerah
a. Peraturan Daerah Provinsi
-
Peraturan daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota
(DKI) Jakarta No.2 Tahun
2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.
b. Peraturan Daerah Kota
-
Peraturan daerah kota
Bandung No.2 Tahun 2005
tentang Penyelenggaraan
Ketertiban, Kebersihan dan keindahan.
F.
SUMBER BELAJAR
Alat/bahan : Gambar
pencemaran lingkungan, UUD 1945
Gambar tentang pelanggaran peraturan daerah
Sumber belajar: Buku pedoman IPA
(Erlangga) kelas IV
Buku pedoman PKN ( Yudistira ) kelas V
G.
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab.
H.
PENILAIAN
Kelas IV : Proses
Kelas V : Proses dan
tulis
I.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Uraian
Kegiatan
|
Pengelolaan
|
|
Waktu
|
Siswa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Absensi dan berdoa
·
Guru menyampaikan tujuan yang
akan dicapai oleh kelas IV dan kelas V
·
Guru menyampaikan
langkah-langkah yang akan ditempuh kelas IV dan V
|
10 menit
|
Klasikal
|
|
Kegiatan Inti
Guru membagikan lembar kerja kelompok kepada siswa kelas IV
Siswa kelas IV membaca hasil kerja kelompok kemudian kelompok lain
menanggapi
|
5 menit
20 menit
15 menit
10 menit
|
Klasikal
kelompok
Klasikal
Kelompok &
Klasikal
|
3.
|
Kegiatan Akhir
|
10 menit
|
Klasikal
|
Mengetahui, Mojokerto,.............................
Ka. SDN............................ Guru
Kelas
............................................... …………………………..
NIP.19520409 197403 20
Dosen Pembimbing
................................................
NIP.